Rabu, 01 Februari 2012

Klub Inggris bijak belanja di pertengahan musim

London (ANTARA News/Reuters) - Klub-klub Liga Utama Inggris menghabiskan sekitar 60 juta pound pada bursa transfer Januari, turun 70 persen dari belanja mereka di periode yang sama tahun lalu, ketika peraturan baru untuk membatasi kerugian telah mengatur pasar, demikian disampaikan oleh firma bisnis Deloitte pada Rabu.

Kemandulan penyerang Chelsea, Fernando Torres, serta penyerang Liverpool, Andy Carroll, dua transfer terbesar pada bursa transfer Januari tahun lalu, kelihatannya membuat banyak klub berpikir matang-matang sebelum membeli pemain-pemain mahal di pertengahan musim.

"Setelah pertarungan transfer besar-besaran tahun lalu mendorong rekor total belanja mencapai 225 juta pounds, Januari 2012 kelihatannya merupakan masa tenang terhadap pengeluaran klub-klub Liga Utama," kata Dan Jones, mitra di grup bisnis olahraga di Deloitte.

"60 juta pounds yang dikeluarkan pada Januari 2012 berada di level yang serupa dengan bursa Januari 2004 sampai 2007, dan masih lebih besar dibandingkan investasi pemain di klub papan atas liga-liga Eropa lainnya."

Badan sepak bola Eropa, FIFA, telah meminta klub-klub untuk mengurangi kerugian sepanjang tiga tahun ke depan, atau beresiko dilarang mengikuti kompetisi-kompetisi besar Eropa.

"Fokus keuangan berkelanjutan sepak bola di masa depan adalah lebih merata di Eropa dibandingkan saat-saat lain sepanjang 20 tahun terakhir, dan kami terrtarik untuk melihatnya diterjemahkan pada keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran," kata Jones.

Chelsea, Queens Park Rangers, dan Newcastle United merupakan klub-klub yang paling banyak berbelanja di bursa transfer Januari, gabungan nilai belanja ketiga klub ini mencapai setengah dari total keseluruhan uang yang dibelanjakan seluruh klub Liga Inggris.

Newcastle mendatangkan penyerang Senegal, Papiss Cisse, dari klub Jerman, Freiburg, dengan transfer yang diperkirakan mencapai sembilan juta pounds, sementara QPR membeli penyerang Bobby Zamora dari Fulham dengan nilai transfer yang tidak diumumkan.

Chelsea, yang mencatatkan kerugian 67,7 juta pounds pada tahun lalu, membeli bek Gary Cahill dari Bolton, namun melepas penyerang Nicolas Anelka ke klub Cina, Shanghai Shenhua, dan pemain bertahan, Alex, ke Paris Saint Germain.
(H-RF/T009)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

0 komentar:

Posting Komentar